Facebook

Pengikut

02 November 2009

Cara Terbaik membersihkan Monitor

Membersihkan layar komputer (monitor) anda adalah sebuah langkah yang penting. Dengan penggunaan sehari-hari tentu membuat monitor kita tak luput dari debu dan noda. Mungkin ada diantara kalian yang jarang atau bahkan tidak pernah membersihkan monitor kalian sendiri. Tapi tenang saja, di sini saya akan memberikan tips-nya. Pembersihan secara teratur diperlukan untuk monitor anda, serta komponen lainnya. Berikut ini akan saya jelaskan langkahnya satu per satu, perhatikan dan ikuti dengan benar. Ingat segala sesuatu yang terjadi pada monitor anda setelah dibersihkan diluar tanggung jawab saya.


Langkah 1
Shutdown/Turn off komputer anda sebelum dibersihkan. Dalam keadaan mati, layar monitor akan menjadi gelap. Ini memudahkan kita untuk dapat melihat debu, sidik jari dan partikel kotor lainnya. Jangan langsung membersihkan monitor anda, ini dikarenakan monitor masih dalam keadaan panas. Hal ini bisa menyebabkan monitor mengalami kerusakan. Biarkan monitor anda dalam keadaan dingin. Kurang lebih 30 menit.

Langkah 2
Gunakan kain lembut untuk membersihkan monitor anda. Jangan menggunakan kain atau kertas yang permukaannya kasar, karena ini akan meninggalkan goresan. Gunakan pakaian berbahan katun atau handuk lembut. Pastikan bahwa kain yang anda gunakan tidak akan meniggalkan serat-serat pada layar monitor nantinya.

Langkah 3Buat campuran larutan antara air dan cuka. Tempatkan larutan dalam botol plastik untuk memudahkan pekerjaan. Jika larutan yang anda buang kebanyakan, jangan dibuang simpan untuk penggunaan dilain waktu. Pada waktu membersihkan monitor dengan larutan ini, anda harus mengontrolnya jangan sampai berlebihan.

Anda dapat gunakan alkohol isopropyl di tempat cuka tadi. Tapi biasanya menghasilkan aroma yang tajam. Biasanya, aroma yang terjadi hanya sebentar karena akhirnya akan menguap juga. Cobalah mencari tahu apakah monitor anda seluruhnya terbuat dari gelas atau komponen plastik. Ada beberapa monitor yang layarnya terbuat dari komponen plastik. Menggunakan larutan yang tidak tepat dapat merusaknya secara permanen. Saya anjurkan untuk tidak menggunakan alkohol isopropyl untuk membersihkan layar monitor yang terbuat dari komponen plastik.

Langkah 4
Hindari penyemprotan larutan langsung ke layar monitor anda. Karena akan menyebabkan kebocoran pada sisi-sisi layar. Anda cukup membasahkan kain dengan sedikit larutan pembersih untuk digunakan. Usap permukaan layar monitor anda dengan lembut. Menggosok dengan berlebihan dapat menyebabkan goresan, perubahan warna atau merusak partikel kecil lainnya.

1 komentar:

Enter your comments using the word good and true. Suggestions and criticisms so I expect you. Thanks